Ibu Hamil Sering Minum Kopi, Apakah Berdampak pada IQ Bayi?

Ibu Hamil Sering Minum Kopi, Apakah Berdampak pada IQ Bayi?

ibu-hamil-minum-kopi

Para pecinta kopi yang tengah hamil kini bisa sedikit bernapas lega. Sebab sebuah studi yang baru-baru ini dipublikasi di American Journal of Epidemiology tak menemukan adanya efek kafein terhadap kecerdasan bayi.

Dalam studi disebut bahwa anak dari ibu yang rutin minum kopi selama kehamilan rata-rata memiliki Intelligence Quotient (IQ) sama seperti anak biasa. Anak dari ibu yang minum kopi juga tak memiliki lebih banyak masalah perilaku dibanding anak umumnya di kemudian hari.

Peneliti dari The Ohio State University College of Medicine melaporkan hasil tersebut setelah melihat kandungan senyawa turunan kafein, paraxanthine, dalam darah 2.197 ibu hamil. Setelah anak lahir dan berusia 4-7 tahun, peneliti kemudian mencocokkan data dengan IQ dan perilaku anak.

“Diambil secara keseluruhan, kami rasa hasil yang kami dapat ini dapat memberi rasa aman bagi wanita hamil yang senang mengonsumsi kafein dalam batas wajar yaitu satu atau dua gelas kopi per hari,” ujar salah satu peneliti, Sarah Keim, seperti dikutip dari livescience pada Senin (23/11/2015).

Terkait hal tersebut studi yang dilakukan oleh Keim dan rekan sebetulnya bukan merupakan studi pertama yang meneliti apakah minum kopi aman untuk ibu hamil. Pada tahun 2012 peneliti lain juga menemukan bahwa kebiasaan ibu minum kopi tak membuat bayinya nanti lebih sering terbangun pada malam hari.

American College of Obstetricians and Gynecologists memang menyarankan bahwa ibu hamil untuk mengonsumsi kafein di bawah 200 miligram per hari atau setara satu sampai dua gelas kopi. Hal ini karena masih banyak hal yang belum diketahui tentang dampak kafein terhadap kehamilan.

Wahanabet – Agen SBOBET
Agen Bola SBOBET Terpercaya di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *