SHARE

Pernah punya pengalaman “berkesan” saat mengajak si batita ke salon untuk memotong rambutnya? Dari was-was si kecil bakal berontak saat rambutnya dipangkas, sampai pertanyaan sulit dari si penata rambutnya: mau dipotong model apa, Bu?

Wah, itu pertanyaan yang sama sekali tak pernah Mama duga. Karena Mama selalu berpikir, apakah anak usia batita (bahkan balita) perlu model rambut khusus? Bukankah lebih baik jika model rambutnya pendek dan rapi supaya tidak membuat gerah? Lagipula, Mama tak ingin si kecil bergaya ala orang dewasa dengan model rambut yang aneh.

Tapi… setelah dipikir-pikir, apa salahnya menata rambut si kecil dengan sedikit bergaya, tanpa meninggalkan kesan kekanak-kanakannya? Nah, jika Mama berencana ke salon, 12 gaya rambut anak laki-laki ini bisa dicoba:

Side Swept
Sesuai namanya, rambut si kecil harus dibelah pinggir untuk menyisir rambutnya ke samping. Bagian yang disisir ke samping biasanya lebih panjang, sehingga menjadi sedikit asimetris. Mama bisa membuat bagian belakangnya pendek atau sedikit panjang sesuai keinginan. Model ini cocok untuk yang berwajah oval, bulat, atau segitiga.

Clean Cut
Gaya rambut pendek dan rapi, kadang dengan belahan pinggir, ini memang gaya yang aman. Contohnya seperti rambut Pangeran George ini. Mau rambutnya lurus, ikal, atau bergelombang, gaya ini akan terlihat klasik. Si buyung akan terlihat rapi, dan tidak mudah kegerahan jika udara panas.

model rambut anak laki-laki

Gaya Undercut (FOTO: INSTAGRAM)

Undercut
Gaya undercut, atau gentlemen cut untuk pria dewasa, boleh dibilang model paling stylish saat ini. Disebut undercut karena rambut bagian samping hingga bawah dipangkas pendek, biasanya dengan pisau cukur listrik. Gaya rambut ini paling cocok untuk bentuk wajah oval, tapi untuk si kecil yang bentuk wajahnya masih akan berkembang tentu akan selalu pas. Jika rambutnya tergolong lemas, gunakan sedikit gel untuk menyisir rambut bagian atasnya yang panjang.

model rambut anak laki-laki

Gaya Ikal Sedang (kiri, FOTO: JUSTREALMOMS.COM), Gaya Panjang dan Messy (kanan, FOTO: MACHOHAIRSTYLES.COM)

Ikal Sedang
Siapa yang tidak jatuh cinta dengan bocah laki-laki berambut ikal dan tebal? Rambut ikal akan selalu didambakan mereka yang berambut lurus. Jadi, kenapa tak membiarkan tumbuh alami dan sedikit panjang?

Panjang dan Messy
Rambut si kecil tebal dan hitam, sehingga Mama merasa sayang untuk memotongnya? Ya, biarkan saja menjadi sedikit panjang dan berantakan, karena sesuai dengan bocah usia batita yang memang sedang aktif-aktifnya bergerak. Seolah-olah si kecil ingin mengatakan, “Rambutku berantakan, tapi aku nggak peduli.”

model rambut anak laki-laki

Gaya Mohawk (kiri, FOTO: MENS-HAIRSTYLISTS.COM), Gaya Spike (kanan, FOTO: ETSY.COM)

Mohawk
Meskipun rambut si buyung pendek, ia masih bisa memiliki gaya rambut yang trendi. Biarkan rambutnya sedikit lebih panjang di bagian atas hingga belakang (tengahnya saja), sedangkan bagian samping dipangkas pendek. Jika ingin lebih ekstrim, bagian samping dan belakang bisa dibotaki. Kemudian, gunakan gel atau wax untuk membuat rambut bagian atas hingga belakang berdiri. Tapi hati-hati ya, Ma, jangan sampai gaya rambut si kecil menyalahi aturan sekolahnya.

Spike
Gaya rambut ini juga sering disebut faux hawk, atau rambut jabrik. Rambut ini boleh Mama pertahankan jika sulit sekali mengajak si kecil gunting rambut, tapi Mama tak ingin rambutnya menutupi matanya. Pakai sedikit gel untuk membuat seluruh rambut bagian atasnya berdiri. Gunakan saja tangan Mama untuk membuat spike yang lembut.

model rambut anak laki-laki

Gaya Long-On-Top (kiri) dan Gaya Shaggy (kanan, FOTO-FOTO: MENS-HAIRSTYLISTS.COM)

Long-On-Top 
Model rambut ini hampir sama dengan gaya spike, hanya saja bagian atasnya dibiarkan jatuh alami. Gaya ini cocok untuk anak yang berwajah oval, persegi, atau bulat, namun dengan tekstur rambut yang tebal. Sisir rambutnya ke depan, lalu ke samping agar lebih bervolume. Kesannya asal-asalan, tapi tetap stylish! 

Shaggy
Gaya shaggy dibentuk dari poni yang panjang, lalu semakin ke bawah dibuat bertekstur. Seolah-olah, ia tak pernah memotong rambutnya. Rambut ini cocok untuk si kecil yang betah-betah saja dengan rambut yang jatuh menutupi kening, pelipis, hingga telinganya. 

model rambut anak laki-laki

Gaya Crew Cut (kiri, FOTO: LATEST-HAIRSTYLES.COM), Gaya Surfer Dude, Gaya Rockstar (tengah dan kanan, FOTO: MENS-HAIRSTYLISTS.COM)

Crew Cut
Model cepak ini juga model pendek-rapi yang aman, terutama untuk si kecil yang paling repot jika dibawa ke salon dan Mama tak ingin sering-sering melihatnya berontak. Gaya rambut anak laki-lakiseperti ini akan rapi lebih lama, dan paling praktis karena Mama bahkan tak perlu menyisir rambutnya sehabis mandi pagi.

Surfer Dude
Gaya ini mengharuskan rambut si kecil lebih panjang di bagian atas, dan penuh di bagian samping. Penata rambut akan membuat banyak layer dan tekstur pada rambutnya agar tetap terlihat cool meski dalam kondisi berantakan. Gosok rambutnya dengan kedua tangan Mama, arahkan seluruh rambutnya ke depan, sedangkan poninya ke samping.

Rockstar
Si kecil punya rambut yang tipis, lemas, dan dengan dahi yang jenong? Tak perlu resah bagaimana cara membuat rambutnya jadi rapi. Sekalian saja, biarkan rambutnya sedikit memanjang, dan jatuh alami mengikuti arah tumbuh rambutnya.

Nah, Ma, mudah-mudahan 12 model rambut anak laki-laki ini ada yang cocok untuk si kecil, ya

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

− 2 = 7